Silabus

Mata Kuliah Wajib

1. MPK 11.00 Pendidikan Agama ( 2.0 )
Pemahaman dan penghayatan keberadaan diri umat beriman, sebagai orang yang percaya kepada Allah. Mampu menyatakan iman dalam kehidupan sehari-hari, dalam hubungannya dengan Allah, sesama manusia, alam semesta dan bangsa dan negara.

2. MPK 12.00 Pendidikan Pancasila ( 2.0 )
Pemahaman nilai-nilai luhur, kristalisasi nilai budi bangsa, dasar-dasar kehidupan berbangsa dan bernegara, pemahaman arah perjuangan bangsa Indonesia yang relevan dan konsisten dengan kehidupan yang dicita-citakan, bersumber pada P4 (Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila), UUD 1945 dan Garis-garis Besar Haluan Negara.
3. MPK 13.00 Pendidikan Kewarganegaraan ( 2.0 )
Pengertian tentang kewiraan, ketahanan nasional, wawasan nusantara, politik dan strategi pertahanan dan ketahanan, sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta.

4. MKK 14.00 Bahasa Inggris ( 2.0 )
Penguasaan bahasa Inggris disesuaikan dengan taraf pre intermediate untuk penguasaan sebanyak kurang lebih 3.000 kata dengan penekanan pada vocabulary building, tenses, sentence construction, reading comprehension, translation, conversion drill, and discussion.

5. MKK 15.00 Bahasa Indonesia ( 2.0 )
Memberikan kemampuan berbahasa Indonesia yang baik dan benar untuk mengadakan komunikasi ilmiah. Materi bahasan meliputi bahasa Indonesia dan ragam-ragamnya, penulisan ejaan ditinjau dari aspek fonologis, aspek morfologis dan aspek sintaksis. Penulisan huruf, kata, kalimat dan paragraf. bahasa dan gaya dalam penulisan efektif.

6. MKK 16.00 Biologi ( 2.1 )
Keanekaragaman makhluk hidup, tata nama, struktur sel, fisiologi dan metabolisme sel jaringan, reproduksi, ekologi, genetika dan heriditas serta evolusi makhluk hidup, struktur dan fungsi tubuh ternak dengan tekanan pada fisiologi kardio vascular, sistem imun, pernafasan, endokrin, pencernaan, ekskresi dan reproduksi.

7. MKK 17.00 Matematika ( 2.0 )
Matriks dan sistem persamaan linier, fungsi dan modeling, diferensial, eksponensial dan logaritme, fungsi analisis (perilaku terbatas, maksimum dan minimum), fungsi beberapa variabel, interpolasi dan aproksimasi, sistem waktu diskret dinamika, nomor kompleks, integrasi, persamaan diferensial.

8. MKK 18.00 Kimia ( 2.1 )
Kimia dasar anorganik : konsep dasar ilmu kimia, sifat dan struktur atom, ikatan kimia, stokiometri dan energi yang terlibat, larutan, asam basa, oksidasi-reduksi, kecepatan reaksi dan keseimbangan kimia dan elektrokimia. Memahami dasar struktur dan ikatan serta sifat-sifat senyawa organik untuk memahami reaksi-reaksi kimia yang terjadi pada senyawa rantai terbuka dan tertutup dengan pokok bahasan sebagai berikut : ikatan karbon, deret alkana-alkena-alkuna, polimer sintesa dasar gugus fungsional, kimia ruang, senyawa lingkar, senyawa aromatik dan senyawa heterosiklis, protein dan asam amino, DNA dan RNA.

9. MKK 21.00 Fisika ( 2.0 )
Metode fisika, penjelasan gerak, dinamika partikel, konservasi energi, teori gas kinetik, property dari cairan, vibrasi dan gelombang, elektrisitas dan konduksi dalam bentuk padat, induksi magnetik dan elektro magnetik, arus listrik pilihan, sifat alami atom, sinar X, inti dan radio aktivitas, optik geometrik, peralatan optic dan gelombang optik.

10. MKK 22.17 Statistika ( 2.0 )
Mata kuliah ini mempelajari dan membahas statistika deskriptif seperti : teknik pengumpulan, penyajian dan penataan data, ukuran pemusatan, ukuran dispersi data, teori peluang, sebaran normal. Statistik inferensial seperti : pengujian hipotesis, teknik pengujian parametrik, analisa korelasi regresi, teknik pengujian non parametrik, dan ulasan singkat ANOVA.

11. MKK 23.18 Ilmu Biokimia Nutrisi ( 2.1 )
Menjelaskan mekanisme biokimiawi dalam proses pencernaan dan absorpsi, metabolisme karbohidrat, protein, lipida, asam nukleat, mineral dan vitamin secara terpadu pada ruminansia dan non-ruminansia. Membahas pula tentang gangguan metabolisme dan biosintesis produk ternak.

12. MKK 24.16 Mikrobiologi ( 2.1 )
Membahas morfologi, berbagai macam mikroba yang bermanfaat dan perusak bahan hasil ternak, macam-macam media perbenihan, dan metode perhitungan total bakteri. Memberikan keterampilan tentang cara mencuci alat, sterilisasi, pembuatan media bakteri dan biak sel, menanam bakteri dan identifikasi.

13. MKK 25.16 Anatomi dan Fisiologi Ternak ( 2.1 )
Membahas fungsi normal dari setiap sistem yang terdapat pada tubuh ternak ruminansia, non ruminansia dan unggas, terutama sistem sirkulasi darah dan kardiovaskular, respirasi, gastrointestinal (digesti, absorbsi, metabolisme), balans air dan ekskresi, tulang mineral dan persendian, perototan skeletal, syaraf, endokrin, serta termoregulasi.
14. MKK 26.00 Ilmu Ekonomi Umum ( 2.0 )
Definisi ilmu ekonomi , ekonomi mikro (teori konsumsi dan permintaan barang, teori produksi dan penawaran barang, biaya produksi, dan struktur pasar), ekonomi makro (pendapatan nasional, teori pertumbuhan ekonomi, teori inflasi, penduduk dan ketenagakerjaan, perdagangan internasional).

15. MKK 27.00 Pengantar Ilmu dan Industri Peternakan ( 2.0 )
Mempelajari dinamika dan prospek dunia peternakan, dasar-dasar kehidupan hewan ternak dari pengaruh lingkungan, tanda-tanda spesifik ternak yang ada di Indonesia.

16. MKK 28.16 Bioklimatologi Ternak ( 2.0 )
Membahas unsur-unsur lingkungan eksternal seperti : lingkungan fisik, kimiawi, hayati, dan sosial terhadap penampilan ternak dan hewan piaraan. Mencakup penampilan sistem fungsi baik satu sistem maupun lebih dari satu sistem serta interaksinya. Penampilan kesehatan, serta penampilan produktivitas ternak dan hewan piaraan, termasuk penampilan reproduksinya. Juga dibicarakan dan dibahas berbagai macam dan bentuk adaptasi, termasuk hewan piara beradaptasi dari berbagai spesies ternak.

17. MKK 31.16 Pengantar Bioteknologi ( 2.1 )
Membahas tentang revolusi bioteknologi dari bioteknologi tradisional, konvensional dan molekuler, DNA menjadi protein (replikasi, transkripsi dan translasi), prinsip dasar teknologi DNA rekombinan (isolasi DNA, memotong dan menyambung DNA, cloning DNA, transformasi sel, western blotting, southern blotting, northern blotting, sekuensing), polymerase chain reaction, teknologi microarray DNA, sel punca dan bioinformatika.

18. MKK 32.18 Teknik Analisa Laboratorium ( 2.1 )
Mempelajari dasar teori, konsep dan penggunaan instrument laboratorium dasar yang berkaitan dengan ilmu makanan ternak dan analisis mencakup orientasi laboratorium, pengambilan dan preparasi sampel, analisis proksimat dan serat, unit kecernaan, spektrofotometer dan bomb calorimeter.

19. MKK 33.23 Landasan Ilmu Nutrisi ( 2.1 )
Menjelaskan tentang komposisi tubuh dan bahan pakannya, sistem pencernaan dan absorpsi zat makanan serta metabolismenya, klasifikasi bahan pakan dan zat makanan, peran zat makanan dan tanda-tanda defisiensinya. Juga membahas standar pemberian dan kebutuhan zat makanan bagi ternak ruminan dan non-ruminan.

20. MKK 34.26 Manajemen Agribisnis Peternakan ( 2.0 )
Pengertian manajemen agribisnis, pengertian agribisnis, sub-sistem dalam agribisnis peternakan, manajemen produksi peternakan, manajemen sumber daya manusia dalam bidang peternakan, manajemen keuangan dan permodalan bidang peternakan, dan manajemen pemasaran ternak dan hasil ternak.

21. MKK 35.16 Genetika ( 2.0 )
Membahas tentang dasar fisiologi pewarisan sifat, ekspresi gen, Hukum Mendel dan penyimpangannya, teori kemungkinan, pewarisan sifat dan penentuan jenis kelamin.

22. MKK 36.27 Ilmu Produksi Ternak Potong dan Kerja ( 2.1 )
Membicarakan tentang prinsip ternak potong dan kerja (komponen-komponen peternakan), sistem produksi dan macam-macam usaha ternak potong, serta faktor yang mempengaruhi produksi ternak. Juga dipelajari adaptasi lingkungan ternak potong dan kerja. Struktur dan fungsi tubuh ternak (struktur alat pencernaan dan system pencernaan ternak ruminansia dan non ruminansia). Pembentukan energi mekanik pada ternak kerja, serta pertumbuhan dan perkembangan ternak. Produktivitas ternak potong dan kerja (sapi, kerbau, kambing, domba, babi, kuda, dan aneka ternak potong)

23. MKK 37.27 Ilmu Produksi Ternak Perah ( 2.0 )
Membicarakan tentang sejarah domestikasi ternak perah, faktor-faktor yang mempengaruhi produksi dan komposisi susu, estimasi produksi, identifikasi ternak perah, pencatatan/recording pada sapi perah, penilaian /judging sapi perah, pemilihan sapi perah, peremajaan/replacement pada sapi perah, perencanaan perusahaan sapi perah.

24. MKK 38.16 Ilmu Tanaman Makanan Ternak ( 2.1 )
Mata kuliah ini membicarakan tentang klasifikasi tanaman, jenis-jenis hijauan makanan ternak (rumput dan legum), budidaya tanaman (propagasi), serta pertumbuhan, produksi tanaman dan defoliasi.

25. MKK 41.27 Ilmu Produksi Ternak Unggas ( 2.1 )
Mata kuliah ini membahas tentang ilmu perunggaan secara mendalam, mulai dari pengenalan asal-usul ternak ayam dan proses domestikasi bangsa unggas, pengenalan berbagai bangsa-bangsa ayam di dunia, sampai pada pembentukan strain modern. Anatomi dan fisiologi ayam yang berkaitan dengan sistem pernafasan, sirkulasi, endokrin, pencernaan, produksi dan reproduksinya, proses pembentukan telur dalam alat reproduksi betina. Mempelajari dan membahas pengendalian faktor lingkungan yang berkaitan dengan proses biologis, secara khusus membahas zooteknis untuk daerah tropis berdasarkan klasifikasi umur dan fase produksi.

26. MKK 42.35 Ilmu Pemuliaan Ternak ( 2.0 )
Membahas tentang frekuensi gen dalam populasi, parameter genetik, variasi system perkawinan, system seleksi ternak.

27. MKK 43.26 Penyuluhan dan Komunikasi Pembangunan Peternakan ( 2.1 )
Pengertian penyuluhan pertanian /peternakan, filsafat dan prinsip-prinsip penyuluhan pertanian/peternakan, komunikasi dalam penyuluhan pertanian/peternakan, metode dan media penyuluhan pertanian/peternakan, proses difusi dan adopsi dalam penyuluhan pertanian/peternakan, program penyuluhan pertanian/peternakan, evaluasi penyuluhan pertanian/peternakan, kelembagaan penyuluhan pertanian/peternakan.

28. MKK 44.25 Ilmu Reproduksi Ternak ( 2.1 )
Membahas tentang : pendahuluan, anatomi organ reproduksi jantan dan betina, hormon reproduksi, pubertas, siklus estrus, gametogenesis pada jantan dan betina, fertilisasi dan cleavage, implantasi, kebuntingan dan teknik diagnosa kebuntingan, perkembangan embrio prenatal, kelahiran, distokia.

29. MKK 45.33 Ilmu Nutrisi Ternak Non Ruminansia ( 2.1 )
Mempelajari anatomi dan fungsi masing-masing bagian organ pencernaan serta kebutuhan nutrient bagi ternak unggas (ayam, itik, babi dan kuda) berbagai macam bahan-bahan sumber energi , protein, vitamin dan mineral serta aditif sesuai dengan status / tujuan pemeliharaannya.

30. MKK 46.33 Ilmu Nutrisi Ternak Ruminansia ( 2.1 )
Membahas anatomi dan peranan masing-masing organ pencernaan pada ruminansia, mikro organisme rumen dan nutrisinya, fermentasi pakan dan produk fermentasi di rumen serta metabolismenya, dinamika nitrogen di rumen. Juga menjelaskan tentang manipulasi pakan dan lingkungan rumen, serta kebutuhan nutrisi ternak ruminansia.

31. MKB 47.36 Manajemen Ternak Potong dan Kerja ( 2.1 )
Mempelajari prinsip manajemen produksi, penanganan dan pengawasan ternak potong dan kerja. Manajemen (tatalaksana) perkembangbiakan, manajemen ternak, pakan, kandang, dan manure, kesehatan, serta pasca panen dan pemasaran, juga kelayakan usaha.

32. MKK 48.22 Metodologi Penelitian dan Rancangan Percobaan ( 2.1 )
Membahas tentang pengertian ilmu, penelitian, peneliti, peran statistika, metode penelitian; ragam metode penelitian, dan langkah-langkah esensil dalam penelitian. Membahas tentang pengertian rancangan percobaan, prinsip dasar analisis keragaman, macam-macam rancangan percobaan: Rancangan percobaan satu faktor yang meliputi Rancangan Acak Lengkap, Rancangan Acak Lengkap Kelompok, dan Rancangan Bujur Sangkar Latin; Rancangan percobaan lebih dari satu faktor yang meliputi Percobaan Faktorial dan Rancangan Petak Terbagi; Uji Rata-rata Perlakuan baik untuk dua dan lebih perlakuan; Hubungan antar Variabel dan Analisis Kovarian.

33. MKB 51.42 Perbibitan Ternak ( 2.0 )
Membahas konsep dasar tentang perlunya bibit ternak yang berkualitas baik agar zuriatnya pada generasi mendatang menjadi lebih baik, prinsip dan cara atau metode pemilihan bibit ternak baik jantan maupun betina, kriteria bibit ternak, pemilihan bibit ternak melalui genetika kuantitatif dan genetika molekuler melalui analisa DNA untuk penentuan gen, cara-cara penerapannya untuk meningkatkan kualitas ternak secara umum dan secara khusus di NTB.

34. MKB 52.37 Manajemen Ternak Perah ( 2.1 )
Perkembangan ternak perah, teknik pemeliharaan sapi perah, teknik pemeliharaan kerbau perah, teknik pemeliharaan kambing perah, sistem pemerahan, teknik pemerahan, sistem perkandangan dan peralatan kandang pada sapi perah, kerbau perah dan kambing perah, penyusunan ransum dan manajemen pemberian pakan pada usaha ternak perah.

35. MKB 53.41 Manajemen Ternak Unggas ( 2.1 )
Mempelajari dan membahas faktor internal dan eksternal yang terkait dengan sistem produksi. Fase produksi sebagai proses biologis untuk meningkatkan efisiensi pemeliharaan unggas. Pengembangan teknologi dalam ilmu peternakan unggas yang meliputi:. (1). teknologi pemeliharaan bibit yang dirancang untuk menghasilkan telur tetas dan telur konsumsi, (2) teknologi perkandangan, (3) teknologi pemberian pakan dan minum, (4) teknologi pengendalian penyakit dan (5) recording. Pada bagian akhir dipelajari cara menganalisa usaha ternak unggas dalam upaya membangun kemampuan merancang usaha di bidang perunggasan.

36. MKB 54.41 Ilmu dan Teknologi Telur dan Susu ( 2.1 )
Membahas tentang struktur telur dan komposisi kimia telur, sifat fisiko-kimia telur, mikrobiologi telur, nilai nutrisi telur, kualitas telur dan perubahannya selama penyimpanan, penanganan telur segar dan pengawetan telur utuh. Membahas tentang parameter-parameter penting dalam susu yang mempengaruhi kualitasnya, sifat fisik dan kimia serta mikrobiologi susu segar, nilai nutrisi dan penanganan susu segar yang meliputi penyaringan, pasteurisasi, homogenisasi dan pengemasan.

37. MKB 55.33 Bahan Pakan dan Formulasi Ransum ( 2.1 )
Membahas sistem informasi pakan, sistem pemberian pakan (feeding system), standar pemberian pakan (feeding standard), dan prinsip pemberian pakan suplemen. Juga membahas formulasi ransum berdasarkan jenis ternak dan produksinya, dan sistem pemberiannya.

38. MKB 56.16 Teknologi Pengolahan Limbah Pertanian dan Industri ( 2.1 )
Membicarakan tentang potensi limbah pertanian sebagai pakan ternak, klasifikasi limbah pertanian dan industri, karakteristik umum limbah pertanian dan industri, kendala-kendala pemanfaatan limbah pertanian dan industri sebagai pakan ternak, teknologi pengolahan limbah pertanian (fisik, kimia, dan biologi), serta penyimpanan dan penyajiannya.

39. MKB 57.34 Ekonomi Industri Peternakan ( 2.1 )
Pengertian industri peternakan, perkembangan industri peternakan di Indonesia, faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam industri peternakan, macam dan bentuk industri/perusahaan/badan usaha, analisis biaya dan keuntungan industri peternakan, permodalan dan perkreditan, analisis ekonomi dan finansial (IRR, NPV,B/C rasio) dalam industri peternakan.

40. MKB 58.44 Teknologi Reproduksi Ternak ( 2.1 )
Membahas tentang pendahuluan, penampungan dan penilaian sperma, pengawetan sperma, sinkronisasi estrus dan superovulasi, teknik IB, sumber/produksi embrio, teknik transfer embrio.

41. MKB 61.55 Industri Pakan Ternak ( 2.1 )
Membahas tentang bahan baku pakan ternak, proses pengolahan pakan ternak, mesin dan peralatannya, analisis tekno ekonomi, teknik kontrol kualitas, pergudangan dan penyimpanan.
42. MKB 62.25 Epidemilogi dan Kesehatan Ternak ( 2.0 )
Membahas tentang evolusi epidemiologi, induk semang, agen penyakit dan lingkungannya, kesehatan dan penyakit-penyakit ternak yang menular kepada manusia, rancangan penyelidikan epidemiologi, sifat-sifat dan penyebab penyakit, epidemiologi, patogenesis, pencegahan dan pengendalian, terapi medis dan pertolongan pertama.

43. MKB 63.47 Ilmu dan Teknologi Daging dan Hasil Ikutan Ternak ( 2.1 )
Membahas tentang faktor yang mempengaruhi pertumbuhan otot/daging, struktur dan pertumbuhan otot/daging, kimia dan biokimia otot/daging, konversi otot menjadi daging, pencemaran daging oleh mikroorganisme, penyimpanan dan preservasi daging, dan evaluasi kualitas karkas & daging. Membahas tentang komposisi dan kimia, nilai gizi dan pengolahan hasil ikutan ternak (kulit, tulang, lemak, kelenjar, organ dalam dan bulu) menjadi bahan pangan dan industri.

44. MKB 64.38 Tata Laksana Padang Pengembalaan ( 2.1 )
Mata kuliah ini membahas tentang ekologi pastura, produktivitas pastura, manajemen pastura, fisiologi tanaman pastura, native pastura, sown pastura (pembuatan padang penggembalaan), dan agronomi serta ekologi sown pastura.

45. MPB 65.34 Kewirausahaan ( 2.0 )
Gambaran umum perekonomian Indonesia, peran wirausahawan dalam perekonomian Indonesia, pengertian kewirausahaan, sifat-sifat yang perlu dimiliki oleh wirausahawan, kegiatan dasar wirausaha, berbagai aspek dalam sistem bisnis, kiat memulai usaha, strategi menghadapi kompetitor baru, strategi penyusunan proposal usaha, perencanaan usaha.

46. MPB 71.34 Kebijakan Pembangunan Peternakan ( 2.0 )
Pembahasan UU RI No. 18 Tahun 2009 beserta Peraturan Pemerintah dan Peraturan Menteri yang terkait, pengertian konsep pembangunan pertanian berkelanjutan, pengertian pembangunan peternakan, kebijakan pengembangan kawasan peternakan (baru, binaan, mandiri), kebijakan pengembangan sub sistem hulu peternakan, kebijakan pengembangan budi daya ternak (ternak besar, ternak kecil dan perunggasan), kebijakan pengembangan sub sistem hilir peternakan, renstra pembangunan peternakan yang berlaku, program swasembada daging sapi (PSDS), kebijakan penelitian dalam sub sektor peternakan.

47. MPB 72.48 Aplikasi Komputer (1.1 )
Mata kuliah ini mempelajari dan membahas dasar-dasar komputer yang menyangkut perangkat lunak dan perangkat keras, pengenalan sistem operasi, sistem aplikasi seperti word processor, excel, power point, dan aplikasi pengolahan data statistika. Internet meliputi pembuatan email, dan teknik penelusuran pustaka.

48. MPB 73.27 Satwa Harapan Tropik ( 2.0 )
Membahas tentang beberapa komoditi satwa harapan yaitu lebah madu, rusa, ulat sutera dan burung. Pembahasan meliputi tentang jenis-jenis lebah madu, seleksi koloni lebah, pengembangan pakan lebah dan teknik pembibitan lebah ratu. Macam-macam rusa Indonesia, siklus reproduksi jantan dan betina, sifat domestikasi, produksi daging, produksi ranggah, obat tradisional Cina dan edibel produk. Budidaya ulat sutera dan prosesing produk, sistim seleksi dan perkawinan untuk pembentukan bibit. Burung sebagai binatang piaraan, sistim digesti, pemahaman dan peranan nutrisi burung serta potensi pengembangan burung sebagai industri di masa depan.

49. MPB 74.00 Praktek Kerja Lapang ( 3 )
Membahas berbagai praktik pelaksanaan perusahaan dan/atau usaha di bidang peternakan, mengkaji permasalahan, dan cara-cara pemecahan permasalahan, serta solusi dan rekomendasi sebagai jalan keluar dalam pembenahan usaha, sebagai pengalaman dan bekal bagi mahasiswa untuk berusaha mandiri atau berwirausaha.

50. MBB 81.00 KKN/KKA ( 3 )
Pengembangan pengetahuan sesuai dengan kondisi pedesaan di NTB dengan membahas berbagai permasalahan yang terkait dengan pembangunan di desa.

51. MBB 81.48 Skripsi ( 4 )
Menentukan topik dan judul penelitian, menyusun proposal penelitian, seminar proposal, melaksanakan penelitian dan mempertahankan hasil penelitian di depan tim penguji.

3.2. Mata Kuliah Pilihan

3.2.1. Semester Genap

1. ERH 61.23 Ilmu Nutrisi Ternak Perah ( 2.1 )
Membahas kebutuhan dan tanda-tanda kekurangan zat makanan pada sapi, kerbau dan kambing perah. Juga membahas cara pemberian pakan, pengaruh prosesing bahan pakan dan penyusunan ransum ternak perah.

2. ERH 62.46 Ruminologi ( 2.0 )
Membahas tentang anatomi dan fungsi lambung depan ruminansia, juga membahas interaksi mikroba rumen, nutrisi mikroba rumen dan gangguan fungsi rumen.

3. ENR 61.33 Ilmu Nutrisi Ayam dan Itik ( 2.0 )
Mata kuliah membahas tentang kebutuhan zat gizi ayam dan itik (petelur dan pedaging), imbangan antara energi dan protein kasar (CP), sistem pemberian pakan serta pemanfaatan bahan pakan alternatif.

4. ENR 62.33 Ilmu Nutrisi Aneka Ternak ( 2.1 )
Mata kuliah ini mempelajari tentang fungsi masing-masing organ pencernaan, standar kebutuhan bagi ternak (burung puyuh, kelinci, kalkun, lebah madu, burung merpati, burung berkicau), penyerapan dan metabolisme dalam tubuh serta tanda-tanda difisiensi nutrient.

5. EHP 61.16 Fisiologi Tanaman ( 2.0 )
Mata kuliah ini membicarakan faktor-faktor yang mempengaruhi penyerapan air, faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman, prinsip-prinsip fotosintesis dan fiksasi N, perkembangbiakan tanaman, dan zat perangsang tumbuh tanaman.

6. EHP 61.38 Teknologi Pakan Hijauan ( 2.0 )
Mata kuliah ini membicarakan berbagai macam cara pengawetan pakan hijauan serta proses-proses yang terjadi selama pengawetan.

7. EBM 61.31 Imunologi Peternakan ( 2.1 )
Mata kuliah imunologi peternakan membahas tentang mekanisme respon imun, antibodi, antigen, mekanisme eliminasi agen infeksi (bakteri, virus, tumor) dengan sistem imun, pembuatan antibodi monoclonal dan aplikasinya, macam-macam vaksin dan aplikasi vaksin dalam pencegahan dan terapi penyakit infeksi pada ternak.

8. EBM 62.31 Mikrobiologi Industri ( 2.1 )
Membahas tentang ruang lingkup mikrobiologi industri, biofermentasi pangan dan pakan, serta penggunaaan mikroorganisme sebagai bioreactor untuk menghasilkan berbagai jenis feed additive (hormone, enzim, vitamin dan lain-lain) maupun probiotik.

9. EHT 61.54 Teknologi dan Industri Telur ( 2.1 )
Membahas tentang industri pengolahan telur meliputi: aneka telur asin, telur beku, telur bubuk, kerupuk telur, aneka cake dan kue, mie telur. Berbagai cara pengujian hasil olahan telur meliputi uji organoleptik; analisa kimia kandungan gizi, dan mikrobiologis produk olahan telur, dan sistem pengendalian mutu produk olahan telur.

10. EHT 62.54 Teknologi dan Industri Susu ( 2.1 )
Membahas tentang industri pengolahan susu meliputi ice cream, susu bubuk, keju, mentega, susu kental, produk susu fermentasi, dan produk susu probiotik; bahan tambahan pangan; berbagai cara pengujian hasil olahan susu meliputi metode pengambilan sampel uji produk olahan susu, uji organoleptik; analisa kimia dan mikrobiologis produk olahan susu, dan sistem pengendalian mutu produk olahan susu.

11. EPT 61.42 Manajemen Pemuliaan Ternak Potong ( 2.0 )
Menginformasikan tentang jenis-jenis ternak potong dan karakteristiknya serta program pemerintah (nasional dan daerah), mempelajari sifat-sifat ternak potong yang bernilai ekonomis penting sebagai kriteria seleksi beserta cara pengukurannya, metode perbaikan kualitas ternak potong.

12. EPT 62.42 Manajemen Pemuliaan Ternak Perah ( 2.0 )
Mempelajari tentang kriteria seleksi dan cara pengukurannya pada ternak perah, pedoman pembibitan ternak perah yang baik.

13. ESE 61.34 Pemasaran Ternak dan Hasil-Hasil Ternak ( 2.0 )
Pengertian dan prinsip-prinsip pemasaran, pendekatan studi pemasaran, fungsi pemasaran, konsumsi dan permintaan, produk dan penawaran, saluran pemasaran, harga dan analisis harga, kebijakan harga dan pengaruhnya, efisiensi dan margin pemasaran, dan standarisasi dan grading.

14. ESE 62.34 Perencanaan dan Evaluasi Proyek Peternakan ( 2.0 )
Pengertian dan peranan perencanaan anggaran, anggaran parsial, anggaran keseluruhan, definisi proyek peternakan, berbagai aspek analisis proyek, beberapa kriteria investasi, penggunaan kriteria investasi untuk memilih berbagai alternatif investasi, harga bayangan (shadow prices), penerapan evaluasi proyek pada bidang peternakan.

15. ERT 61.44 Fertilitas dan Sterilitas ( 2.0 )
Membahas tentang : pendahuluan; pemeriksaan umum fertilitas/infertilitas jantan dan betina; kesuburan hewan jantan; kesuburan hewan betina; bentuk infertilitas/abnormalitas jantan yang disebabkan organ reproduksi, saluran reproduksi dan kelenjar asesoris; bentuk infertilitas/abnormalitas betina akibat abnormalitas organ reproduksi dan saluran reproduksi; infertilitas akibat kesalahan manajemen; infertilitas akibat defisiensi nutrisi; infertilitas yang diturunkan (herediter); infertilitas akibat faktor hormonal; infertilitas akibat penyakit; kematian embrio dini & abortus terkait infertilitas; kegagalan reproduksi dan penyakit reproduksi.

16. ERT 62.58 Metodologi Penelitian Reproduksi ( 2.0 )
Membahas tentang: pendahuluan, penelitian survei bidang reproduksi, penelitian eksperimen bidang reproduksi, rancangan penelitian reproduksi, contoh hasil-hasil penelitian reproduksi, penyusunan proposal penelitian survei dan eksperimen, presentasi proposal.

17. EPO 61.47 Manajemen Ternak Kerja ( 2.0 )
Mempelajari mekanisme pembentukan energi dan gerak mekanik pada ternak, serta faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan kerja ternak, kapasitas kerja ternak dan metode pelatihan.

18. EPO 62.47 Ranci ( 2.0 )
Mempelajari tentang penyediaan ternak dan struktur ternak dan usaha ranci, membangun fasilitas dan peralatannya, serta penanganan ternak, pengelolaan padang penggembalaan, menyusun perencanaan dan pembangunan ranci serta analisa ekonomi.

19. EUN 61.53 Manajemen Ternak Unggas Lanjutan ( 2.1 )
Mata kuliah ini mempelajari dan membahas khusus ternak itik (pedaging dan petelur). Kelebihan dan kekurangan jenis-jenis itik di Indonesia, sistem pemeliharaan ternak itik mulai dari penangan bibit, pemberian pakan, perkandangan, penanganan penyakit sampai pada penanganan pasca panen.

20. EUN 62.41 Aneka Ternak Unggas ( 2.1 )
Mata kuliah ini membahas manajemen pemeliharaan berbagai jenis unggas piaraan antara lain : ayam kampung dan sejenisnya, burung puyuh, burung merpati, burung unta, entog, kalkun. Pengenalan berbagai karakteristik dari unggas-unggas selain ayam. Peluang bisnis di masa yang akan datang.

21. EPE 61.37 Pasca Panen Industri Persusuan ( 2.0 )
Pengertian pasca panen industri susu, susu sebagai bahan pangan dan usaha, kualitas susu, kualitas higienik dan keamanan susu, penanganan dan pengemasan susu sesuai dengan tingkat kualitasnya, pengumpulan dan transportasi susu, sistem pemasaran susu, sistem pembayaran, analisa ekonomi pasca panen susu, penanganan lingkungan usaha industri persusuan.

22. EPE 62.52 Biologi Laktasi ( 2.0 )
Manfaat dan pentingnya mempelajari biologi laktasi, sistem kelenjar ambing, bahan penyusun dan sintesa air susu, kontrol hormonal dan neural pada laktasi, induksi laktasi, respon produksi dan komposisi air susu terhadap berbagai kualitas nutrisi ransum, abnormalitas kelenjar air susu, kontaminasi air susu dan flavour air susu.

Semester Gasal

1. ERH 71.46 Ilmu Nutrisi Ternak Pedaging ( 2.1 )
Membahas kebutuhan dan tanda-tanda kekurangan zat makanan pada ternak pedaging. Juga membahas cara pemberian dan pengaruh prosesing bahan pakan, penggunaan zat makanan untuk produksi karkas, dan cara penyusunan ransum seimbang untuk ternak pedaging.

2. ERH 72.46 Ilmu Fisiologi Pencernaan Ternak Ruminansia ( 2.0 )
Mata kuliah fisiologi pencernaan ruminansia diselenggarakan oleh laboratorium nutrisi ruminansia/herbivora fakultas peternakan yang terintegrasi dalam sebuah team teaching untuk mempelajari fisiologi ternak ruminansia, khususnya mempelajari anatomi dan fungsi organ saluran pencernaan, peranan mikroorganisme rumen, dan gangguan fungsi rumen.

3. ENR 71.33 Feed Additives dan Supplement ( 2.0 )
Mata kuliah ini membahas tentang penggunaan (antibiotik, probiotik, herbal dalam industri, enzim dan hormon dalam industri serta supplemen (vitamin, mineral dan asam amino).

4. ENR 72.33 Teknik Evaluasi Pakan Non Ruminansia ( 2.1 )
Mata kuliah membahas tentang evaluasi pakan secara mikroskopis, makroskopis, kimiawi dan biologis (penentuan EM dan uji kualitas protein).

5. ELL 71.00 Toksikologi ( 2.0 )
Membahas konsep dasar toksikologi serta hubungannya dengan ilmu lainnya, klasifikasi senyawa toksik yang meliputi senyawa toksik natural, pakan dan lingkungan, proses absorpsi, distribusi dan proses metabolisme senyawa-senyawa toksik, interaksi antara faktor fisiologi dan lingkungan yang berpengaruh terhadap proses metabolisme dan kinerja ternak, proses pengurangan toksik pakan.

6. EHP 71.38 Kesuburan Tanah dan Pemupukan ( 2.0 )
Mata kuliah ini membahas : faktor-faktor yang mempengaruhi kesuburan tanah, unsur-unsur hara tanah, hubungan antara tanaman, tanah dan ternak, jenis-jenis pupuk, dan cara pemupukan.

7. EHP 72.16 Teknologi Benih Hijauan Tropis ( 2.0 )
Mata kuliah ini membicarakan perkembangbiakan tanaman, perkecambahan, macam-macam pembibitan, pengelolaaan pada rumah kaca, penanaman pada demplot dan lapangan (aklimatisasi).

8. EBM 71.31 Bioteknologi Peternakan( 2.0 )
Mata kuliah yang merupakan lanjutan dari mata kuliah pengantar Bioteknologi ini mengajarkan aplikasi bioteknologi di bidang peternakan seperti peranan bioteknologi terhadap efisiensi reproduksi, induksi superovulasi, gen transfer pada ternak, ternak transgenik, seksing sperma, gen penanda, enzim sebagai pakan suplemen dan imunokastrasi.

9. EHT 71.63 Teknologi dan Industri Daging ( 2.1 )
Membahas tentang prinsip-prinsip teknologi daging, pengeringan, pengasapan, pengalengan, fermentasi, radiasi, bahan tambahan makanan, pengemasan, teknologi mutakhir pengolahan daging, aspek pemasaran & industri daging, dan sistem pengendalian mutu (SNI) produk olahan daging.
10. EHT 72.63 Teknologi dan Industri Kulit Dan Hasil Ikutan Ternak ( 2.1 )
Membahas tentang sifat fisik dan kimia kulit, struktur jaringan kulit, pengulitan ternak, berbagai teknik pengawetan kulit, pengepakan dan kualitas kulit awetan. Membahas tentang berbagai bahan penyamak kulit dan teknik penyamakan kulit, pengujian kualitas kulit samak, teknik pengolahan tinja ternak menjadi gasbio dan kompos.

11. EPT 71.42 Manajemen Pemuliaan Ternak Unggas ( 2.0 )
Membahas tentang sifat-sifat dan heritabilitas sifat yang berkaitan dengan produksi telur dan daging, korelasi genetik antar sifat, sistem perkandangan untuk seleksi ternak, seleksi sifat yang berkaitan dengan produksi telur dan daging.

12. EPT 72.42 Bioteknologi Pemuliaan Ternak ( 2.0 )
Membahas tentang klonasi, rekayasa genetik dan pemetaan gen, serta pemanfaatan bioteknologi dalam pemuliaan ternak.

13. ESE 71.48 Metodologi Penelitian Sosek Peternakan ( 2.0 )
Pendahuluan (pengertian, masalah, dan paradigma penelitian), rancangan penelitian sosek, populasi dan sampel, teknik penentuan sampel, teknik pengumpulan data, jenis dan sumber data, analisis data, menarik kesimpulan, pelaporan.

14. ESE 72.34 Usaha Ternak dan Koperasi ( 2.0 )
Konsep usaha tani dan usaha tani ternak, satuan ternak dan koefisien ternak, penerapan ekonomi produksi pada usaha ternak, prinsip-prinsip ukuran usaha tani dan usaha ternak, biaya dan pendapatan usaha ternak, perencanaan dan anggaran peternakan, pengertian koperasi, koperasi pertanian, pendirian koperasi, fungsi dan peranan koperasi.

15. ERT 71.44 Bioteknologi Reproduksi ( 2.1 )
Membahas tentang : pendahuluan, sinkronisasi estrus, superovulasi, inseminasi dan koleksi embrio in vivo, koleksi dan maturasi spermatozoa, koleksi dan maturasi ovum/oosit, fertilisasi in vitro, seleksi dan manipulasi embrio (splitting, cloning, transgenic, sexing embrio), sexing spermatozoa, pengenalan berbagai bioteknologi rerproduksi terkini.

16. ERT 72.58 Manajemen Reproduksi ( 2.1 )
Membahas tentang : pendahuluan, pemilihan dan skrening pejantan dan calon induk, manajemen perkawinan untuk mengatur musim kawin dan kelahiran, manajemen kelahiran kembar dan litter size, teknik deteksi kebuntingan (dini), manajemen kesehatan dan nutrisi hewan bunting, pemeliharaan dan perkandangan selama bunting, prediksi dan deteksi tanda-tanda kelahiran, persiapan untuk kelahiran, penanganan anak dan induk saat lahir dan pasca lahir, penyapihan anak.

17. EPO 71.47 Feed Lot (Penggemukan) ( 2.1 )
Membahas tentang prinsip dan sistem penggemukan, pemilihan bakalan, fasilitas dan handling, manajemen pakan dalam feedlot, manajemen manure dan penanganan penyakit.

18. EPO 72.47 Manajemen Ternak Babi ( 2.0 )
Mempelajari prinsip manajemen dan sistem produksi ternak babi, manajemen perkembangbiakan, pakan, kandang dan manure, serta kesehatan, manajemen pasca panen dan pemasaran serta analisa kelayakan usaha.

19. EUN 71.53 Manajemen Usaha Perbibitan dan Penetasan ( 2.1 )
Mata kuliah ini membahas dan mempelajari tentang penetasan telur, penentuan telur yang baik untuk ditetaskan, prinsip dan cara kerja mesin tetas, macam-macam dan jenis mesin tetas. Perkembangan embrio sejak dibuahi sampai menetas dari berbagai telur unggas. Penanganan anak ayam yang baru menetas sampai dipasarkan atau dipelihara. Analisis dan kelayakan usaha pembibitan dan penetasan.

20. EUN 72.53 Manajemen Pemeliharan Ayam Komersial ( 2.1 )
Mata kuliah ini mempelajari dan membahas manajemen pemeliharaan ayam komersial baik ayam pedaging maupun petelur. Proses pemeliharaan dari periode broder, grower sampai finisher. Vaksinasi dan teknik vaksinasi, broder, pembeian pakan yang efisien, pengendalian penyakit dan pengenalan obat-obatan. Terakhir dibahas manajemen pemasaran ayam komersial. Analisis kelayakan usaha ayam komersial.

21. EPE 71.52 Perencanaan Usaha dan Industri Ternak Perah ( 2.0 )
Sistim/macam industri usaha ternak perah, penentuan pilihan jenis ternak perah, Satuan Ternak dan koefisien teknis ternak perah, proyeksi fisik dan finansial usaha ternak perah dan kelayakan industri usaha ternak perah.

22. EPE 72.37 Ternak Perah Komparatif ( 2.0 )
Jenis ternak perah yang dapat diusahakan sebagai usaha persusuan selain sapi perah, keunggulan dan kelemahan masing-masing jenis ternak perah secara umum, perbedaan dalam penggunaan modal dalam pelaksanaan usaha masing-masing jenis ternak, perbedaan dalam kebutuhan perkandangan pada masing jenis perah, perbedaan dalam sensitifitas terhadap perubahan lingkungan pada masing-masing jenis ternak, perbedaan dalam penanganan masing-masing jenis ternak pada setiap status fisiologi yang berbeda, perbedaan dalam kebutuhan nutrisi dan kemampuan dalam memanfaatkan jenis pakan dalam ransum pada masing-masing jenis ternak perah, penentuan pertimbangan, pilihan dan keputusan salah satu jenis ternak perah sebagai usaha ternak perah di suatu tempat berdasarkan faktor-faktor pendukung yang menentukan keberhasilan suatu usaha persusuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *